Senin, 23 April 2012

Hubungan Sistem Informasi Akuntansi dengan Pengolahan Data Elektronik 


A. Sistem Informasi Akuntansi 
    Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu alat memproses data untuk menghasilkan informasi bagi pihak pemakai eksternal. Sistem informasi akuntansi adalah pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk setiap jenis informasi.
            Informasi yang bersumber dari pengelolaan data harus merupakan informasi yang lebih terstruktur yang mampu memenuhi kriteria : tepat waktu, relevan dan terkontrol. Tujuannya adalah untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan penyusunan laporan yang sesuai, serta untuk menyediakan informasi akuntansi yang dapat dipercaya atau dapat diandalkan bagi mereka yang memerlukannya dan melindungi dari resiko yang mungkin berasal dari penyalahgunaan data akuntansi atau sistem itu sendiri. 

Proses pengolahan data menjadi informasi ini dapat dilakukan oleh manusia secara manual atau dengan bantuan suatu elektronik yang otomatis yaitu komputer. Perbedaan utama antara sistem secara manual dengan sistem PDE, adalah :
-        -  Pendekatan sistem secara manual dilakukan oleh manusia dan dibantu dengan mesin sedangkan sistem PDE sebagian besar telah dilakukan komputer.
-        -  Dalam mengolah data untuk menghasilkan informasi sistem secara manual prosedurnya secara visual dibantu dengan kertas kerja berupa dokumen, sedangkan sistem PDE keseluruhan prosedur telah dirangkum dalam program.
-        -  Dalam menyelesaikan masalah pendekatan sistem PDE lebih memilih kemampuan dari pada secara manual, disebabkan jika secara manual mengandung banyak hambatan dan hambatan tersebut adalah dari factor manusia.

B.   Hubungan SIA dengan Sistem PDE
            Sumber dari sistem informasi akuntansi di dalam suatu perusahaan bersumber dari alat pemrosesan data, antara lain :
1.      Tradisional informasi sistem, bersumber dari proses manual dimana manusia lebih berperan.
2.    Mechanical information system bersumber dari proses peralatan atau proses pembukuan dimana manusia masih berperan.
3.    Computer based information system, bersumber dari pengolahan data elektronik dimana manusia lebih sedikit berperan dan komputer yang lebih banyak berperan.

Kesimpulannya bahwa sistem informasi dalam sistem manual dapat dilihat (visible). Berkas dan catatan dalam sistem PDE biasanya dalam bentuk mesin yang sensible dan tidak dapat dibaca tanpa penggunaan komputer. Berkurangnya keterlibatan manusia dalam penangan transaksi yang diproses oleh komputer dapat menutup kesalahan yang mungkin terjadi dalam sistem manual. Jadi hubungan antara sistem informasi akuntansi dengan pengolahan data elektronik adalah dapat menutupi kesalahan atau kekurangan yang terjadi dalam sistem manual.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar